nusakini.com--PT INKA kembali menandatangani kontrak pengadaan 200 gerbong kereta api tipe MG (Meter Gauge) dengan Bangladesh Railway dimana sebelumnya PT INKA juga telah menandatangani kotrak pengadaan 50 gerbong kereta api tipe BG (Broad Gauge).

Penandatanganan pada akhir pekan  lalu ini  dilakukan oleh Direktur Utama, R. Agus H. Purnomo mewakili PT INKA sedangkan Bangladesh Railway diwakili oleh Wakil Direktur Jenderal Bangladesh Railway, Md. Shamsuzzaman.

Penandatangan kontrak tersebut disaksikan langsung oleh Menteri Perkeretaapian Bangladesh, Md. Mazibul Hoque, MP dan Duta Besar Republik Indonesia untuk Pemerintah Republik Rakyat Bangladesh, Ibu Rina P. Soemarno. 

Menteri Perkeretaapian Bangladesh menyampaikan apresiasinya atas pencapaian dan kinerja PT INKA dalam pengadaan kereta api yang berkualitas di Bangladesh sesuai standar internasional. Bagi Bangladesh Railway, PT INKA merupakan mitra terpercaya yang dapat diandalkan dalam memberikan asistensi dan supervisi dalam upaya peningkatan pelayanan transportasi kereta api di Bangladesh. 

Duta Besar RI untuk Bangladesh menyambut gembira penandatanganan kontrak tersebut yang merefleksikan kedekatan hubungan bilateral Indonesia dan Bangladesh sebagai sesama negara berkembang yang bersahabat. Indonesia sebagai mitra terpercaya Bangladesh menawarkan kerjasama jangka panjang dengan Bangladesh tidak terbatas di bidang perkeretaapian namun juga di sektor strategis lainnya. 

Kontrak ini merupakan yang ketiga kalinya bagi PT INKA yang sebelumnya telah memenangkan tender internasional di Bangladesh, dimulai pada tahun 2006, tahun 2015 dan tahun 2017 dengan total keseluruhan lebih dari 200 produk coaches dan wagon yang diekspor ke Bangladesh.​ 

Keberhasilan PT INKA di Bangladesh ini tidak lepas dari konsistensi dukungan pemerintah melalui program NIA (National Interest Account) dan Indonesia Eximbank yang memperkuat rencana untuk melakukan ekspansi pasar di luar negeri, terutama ke negara-negara berkembang di Asia Tenggara, Asia Selatan, Asia Tengah, Timur Tengah dan Afrika. (p/ab)